Just another WordPress.com site

Sampingan

upgradelah soft skillmu

Pengalaman 10 Tahun atau 1 Tahun diulang 10 X
Alex, seorang karyawan usia 30 Tahun. Ia bekerja
di salah satu perusahaan swasta. Selepas kuliah di
D3 keuangan, ia langsung bekerja di perusahaan
tersebut sebagai staff finance. Tak terasa ia sudah
10 tahun bekerja di posisi yang sama.
Sekali waktu, ia curhat pada bos nya, Pak Rubi,
Finance Manager yang telah bekerja 12 tahun di
sana. Alex protes tentang penghasilan nya saat
ini. Ia merasa kurang puas kok penghasilan ia,
beda tipis dengan staff finance yang baru kerja
selama 1-2 tahun, padahal Alex sudah bekerja
sudah 10 tahun di sana.
“Bos, di sini tidak adil, masa gaji saya yang udah
kerja 10 tahun hampir sama dengan Sinta yang
baru kerja 1 tahun. Ini bikin saya gak motivasi
kerja bos.”
Pak Rubi mendengarkan keluhan Alex dengan
seksama dan langsung merespon.
“Thanks ya Lex sudah mau berbagi apa yang
dirasakan, Bapak memahami apa yang Alex
keluhkan. Bapak ikut merasakan apa yang Alex
rasakan. Seperti yang tadi Alex keluhkan, bekerja
selama 10 Tahun namun penghasilan kok hampir
sama dengan Sinta yang baru 1 Tahun bekerja”
“Iya Pak, bener saya kecewa, kesel. Thanks Pak
dah mau dengerin keluhan saya” Ujar Alex
Pak Rubi kembali bertanya…
“Terima Kasih juga Lex, Oh iya waktu kamu
pertama kali masuk di sini, Alex di rekrut sebagai
apa, tugas Alex serta kompetensi Alex saat itu dan
tahun pertama di sini ?”
“Saya bekerja sebagai Staff keuangan Pak, karena
sesuai dengan pendidikan saya D3 keuangan,
Tahun pertama di sini saya belajar, meyesuaikan
diri dari dunia kampus ke dunia pekerjaan, belajar
software keuangan, hingga saya pun mahir
bekerja sebagai staff keuangan Tukas Alex.
Pak Rubi kembali bertanya:
“Lalu di Tahun ke 2 hingga Tahun ke 10, apa saja
yang Alex lakukan di pekerjaan sebagai staff
keuangan ?”
“Saya bekerja sebaik-baik nya mengikuti prosedur
yang ada Pak, Ikut peraturan dan tugas yang
perusahaan berikan Pak” Ujar Alex.
Pak Rubi pun bertanya kembali.
“Lex, selama 10 Tahun bekerja disini, pernahkah
terfikir, berusaha dan action untuk upgrade diri,
up date ilmu keuangan terkini, belajar soft skill,
problem solving, kemampuan komunikasi,
leadership atau hanya fokus ke rutinitas sebagai
staff keuangan”
“Untuk posisi sekarang, Bagi saya ilmu saya
sudah cukup bos, saya sudah terbiasa dengan
pekerjaan saya bos, jadi saya merasa tidak perlu
belajar lagi dan selama bekerja pun saya tidak
pernah melakukan kesalahan dalam membuat
laporan dan selalu akurat dan on time” Jawab
Alex.
Pak Rubi kembali bertanya untuk menegaskan ”
Berarti tugas, tanggung jawab Alex dan Sinta
sama Lex ? “
“Ya sama lah Bos, kan sama2 staff keuangan,
bedanya Sinta 1 tahun kerja sedangkan saya
sudah 10 tahun kerja “ Tegas Alex
“Iya benar, Alex sudah bekerja di perusahaan ini
selama 10 Tahun, seperti yang tadi Alex katakan,
Alex masuk ke perusahaan ini dengan kompetensi
sebagai staff keuangan 10 tahun lalu, persis sama
dengan kompetensi Alex sekarang.
Kadang ada orang yang bekerja 10 tahun namun
di posisi yang sama, namun dari pengalaman,
kompetensi sama dengan yang kerja 1 Tahun,
bedanya Ia mengulang pengalaman 1 Tahun
selama 10 kali, itu dilakukan tanpa upgrade diri”
Kamu orang nya rajin Lex, disiplin dan komitmen
bekerja, umur mu pun masih muda, teruslah
upgrade diri, masih ada kesempatan untuk belajar
teknologi softskill dan ilmu terkini sesuai
bidangmu.
…………….
6 Bulan setelah coaching dengan Pak Rubi, Alex
promosi menjadi Supervisor Finance. Ia
mengikuti saran Pak Rubi untuk upgrade diri.
Jadilah yang berpengalaman 10 Tahun tidak hanya
pengalaman 1 tahun yang diulang 10 kali, lakukan
upgrade diri

Tinggalkan Balasan

